BUkit Cumbri – Puncak Cumbri


Mendengar nama ini di sosial media dan setelah itu pernah tayang di beberapa stasiun Televisi di Indonesia dan juga melihat photo – photo dari temen yang di unggah di sosial media yangmana membuat saya berniat untuk mengunjungi tempat ini karena tidak begitu jauh dengan kampung halaman. kemana saja selama ini saya belum tahu tempat ini hahaha


Lokasi bukit cumbri tidak begitu jauh dari kampung halaman saya Badegan, desa tempat kelahiran dan dibesarkan serta mengahiskan masa kecilku. terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur bedara di antara kabupaten Ponorogo dan Wonogiri. dari Badegan berjarak sekitar 8km. kalau dari kota ponorogo sendiri sekitar 24 km. jadi jarak Bukit Cumbri lebih dekat dari Ponorogo dibanding dengan Wonogiri dengan jalan yang cukup bagus pula kalau lewat Ponorogo. jadi disarankan kalau mau kesini kalau naik kereta lebih bagus turun di stasiun Madiun dan lanjut naik BUs arah Ponorogo kemudian naik Bus jalur Ponorogo Purwantoro atau Wonogiri turun di perbatasan antara jawa tengah dan jawa timur, yaitu di desa Biting. dari perbatesan itu masih berjarak sekitar 4 km ke area parkiran motor atau mobil. jadi dari situ bisa naik ojek.


Ke Bukit Cumbri waktu itu sore hari sekitar jam 4 dan cuaca sangat bagus tidak terlalu panas dan sampai di area parkiran pukul 16:15 setelah parkir motor kita harus berjalan naik ke Puncak Gunung yang berjarak sekitar 1 km. jalan menuru puncak cukup menajnjak dan bagus untuk para pemula yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya. saya sendiri untuk sampai ke Puncak butuh waktu sekitar 1 jam mengingat banyak berkali-kali berhenti untuk istirahat dan cukup menguras tenaga, dan yang lebih fatal lagi tidak bawa bekal air minum. setelah sampai di puncak terbayar sudah rasa capek dan pengorbanan menuju kesini. cukup bagtus sekali pemandangan disekiling Puncak Cumbri ini dan kita bisa melihat begitu luas hamparan pegunungan dan persawahan serta rumah penduduk yang terbentang hijau yang cukup luas sekali.


Setelah menikmati keindahan Puncak Cumbri saya turun karena hari sudah mulai gelap dan perjalanan untuk turun hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit berbanding terbalik pada saat menaiki puncak ini. cukup lancar dan cepat. dan setelah sampai di parkiran langsung pesan minuman dingin dan saya menghabiskan 2 gelas yang besar hahaha mengingat cukup kehausan dan kering tenggorokan ini.


Setelah dirasa tenaga sudah pulih dan dirasa sudah cukup saya lanjut menuju perjalan pulang namun sampai di perbatasan provinsi melihat tukang makanan jadi untuk mengisi perut lagi mampir untuk membeli gorengan, untuk menganjal perut sebelum makan nasi di rumah. terima kasih Cumbri atas pemandangan yang cukup indah sekali dan mudah-mudahan kembali lagi nanti kesini dengan persiapan air yang pasti sebelum naik dan ingin melihat matahari terbit pasti lebih keren.

Advertisements

4 thoughts on “BUkit Cumbri – Puncak Cumbri

    1. affendy

      Keren pemandangannya πŸ‘πŸ‘ Sy mau naik lagi habis lebaran minggu dpn, karena pas lg mudik skrng 😊😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s