Borobudur Tample – Candi Borobudur

Wonderful Indonesia

Borobudur merupakan Candi Budha terbesar didunia yangmana  menjadi salah satu keajaiban Dunia dan masuk ke dalam UNESCO salah satu situs budaya dunia. bangunan seperti Piramida berundak dari susunan blok batu andesit yang saling mengunci, its really amazing. Berlokasi di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang yang notabenya masuk ke wilayah Jawa Tengah tetapi banyak orang yang tahu kalau Borobudur masuk ke wilayah Yogyakarta padahal itu bukan. berjarak sekitar 40 km dari kota Yogyakarta dan dengan kondisi jalan yang cukup baik tetapi agak sedikit ramai karena melewati jalan besar propinsi menuju ke Semarang.

Pagi ini gw siap menjemput temen gw yang baru dateng kemarin di Yogyakarta dari penerbangan Jakarta. jam 9 pagi gw dah janjian untuk jemput mereka tapi begitu sampai di Hotel tempat menginap ternyata belum siap dah baru bangun setelah gw telephone ke kamarnya hahaha alhasil mereka terburu-buru. jarak hotel merekamenginap tidak jauh dengan hotel gwmenginap, hanya 5 menit 🙂

Wonderful Indonesia

Perjalananpun dimulai menuju ke Candi terbesar di Indonesia ini Candi Borobodur walau sedikit terlambat karena harusnya berangkat pagi-pagi sehingga bisa mengexplore tempat – tempat yang lain di Yogyakarta. sesampainya di parkiran Candi Borobudur udara cukup panas dan menyengat harus pakai sunblock bagi yang takut hitam kalau gw karena sudah hitam jadi tidak ada masalah, begitu keluar dari mobil orang langsung menyamabut dengan menawarkan dagangannya berupa souvenir-souvenir, cerita lucu pada saat gw keluar dari mobil mereka ngomong pakai bahasa Inggris karena temen-temen gw orang bule jadi dikira gw orang luar juga hahaha padahal gw jawab pakai bahasa jawa malah dikira gw orang suriname 🙂

Wonderful Indonesia

Hari ini hari minggu jadi banyak sekali pengunjung yang datang, beli ticketpun dibedakan harga untuk lokal dan wisatawan asing, untuk lokal 30 ribu untuk satu orang sedangkan untuk wisatawan asing sekitar 560 ribu utk 2 orang jadi masing-masing kena 280 ribu, lumayan jauh perbedaannya. setelah masuk area kita diwajibkan menggunakan sarung untuk menurup aurat bawah kita karena kita akan masuk ke tempat suci agama Budha. jadi kita harus menyesuaikan dan menghormatinya. disini disediakan sarung jadi jangan kawatir. sebelum naik ke Candi disuguhkan berbagai macam pertunjukan seperti tari-tarian jawa, panggung hiburan, area bermain untuk anak-anak, pertunjukan gajah dll.

Wonderful Indonesia

Mulai naik k candi dibagi berbagi tingkatan dan kita setiap tingkatan mengelilingi candi dan sampailah ke tingkatan yang paling atas dan bisa melihat pemandangan di bawah dan sekeliling candi, banyak sekali pengunjung dari berbagai kalangan khususnya dari sekolah-sekolah yang melakukan karya wisata dan yang pasti banyak juga pengunjung dari wisatawan asing. selama di candi cukup banyak wisatwan lokal yang mengajak photo sama teman-teman gw secara meraka bule hahaha dan kebanyakan dari mereka anak-anak sekolah yang lagi karya wisata.

Sesampainya diatas candi Borobudur cuaca berubah jadi mendung dan gerimis akhirnya kita putusklan untuk turun dan menuju ke parkiran. tapi sebelumnya kita istirahat di Museum Borobudur. setelah waktu istirahat dirasa cukup kita langsung ke parkiran lanjut menuju ke Yogyakarta untuk mengunjungi Keraton Yogyakarta sebelum tutup.

Wonderful Indonesia
Advertisements

2 thoughts on “Borobudur Tample – Candi Borobudur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s