Pura Alun Danau Beratan Bedugul Bali

Wonderful Indonesia

Untuk menuju tempat ini gw butuh waktu yang cukup lama sekitar kurang lebih 2 jam dengan istirahat sekitas 15 menit di minimarket sambil melepas dahaga dan ngecharge Hp yang pasti. Berangkat dari Denpasar seperti biasanya pagi setelah sarapan dan isi bensin langsung meluncur ke jalan arah menuju Singaraja, Kabupaten di Bali paling utara. dan ini merupakan trip terpanjang yang gw alami selama di Bali karena kepenasaraan gw dengan Pura Alun di Danau Beratan yangmana gambar Pura tersebut tertera di uang limapuluh ribuan mata uang Indonesia. jalan menuju ke Pura Alun cukum bagus dengan kondisi jalan yang baik dan pemandangan yang indah persawahan dan hijaunya hutan serta tanjakan serta turunan yang cukup ekstrim. jadi harus tetap hati-hati. cuaca disini juga cukup dingin.

Sesampainya di tujuan langsung parkiran dan menuju tempat penjualan ticket masuk untuk orang lokal per orangnya 20 K dan setelah mendapatkan ticket gw langsung masuk ke area wisatanya. disambut dengan architecture Bali di pintu masuk dan  juga Pura Ulun Danau Beratan telah dilengkapi fasilitas penunjang, seperti taman bermain untuk anak juga. Taman bermain tersebut menyediakan berbagai sarana permainan, seperti ayunan, kursi putar, dan jungkat-jungkit dll. Dan di dekat taman bermain terdapat restoran yang menyajikan aneka masakan. tetapi gw lebih tertarik langsung melihat Pura Alunnya yang ga jauh dari tempat bermain anak-anak tadi, hanya tertutup dengan tombok besar di balinya terdapat pura-pura untuk sembahyang warga Hindu.

Wonderful Indonesia

Begitu banyak wisatwan mancanegara dan domestik berkunjung ke Pura ini dan mereka sangat menikmati keindahan Pura yang terdapat di Danau dikelilingi air danau yang berdiri megah dan menawan itu. banyak yang mengabadikan lewat camera maupun video bahkan disini juga disediakan jaga tukang photo langsung jadi dan langsung dibingkai pula. tetapi gw lebih banyak ambil photo dari Hp. tempat yang cukup bersih dan lumayan luas langsung berhadapan dengan danau dan gunung serta terlihat resort hotel di ujung sana tetapi harus menggunakan perahu kalaupun kesana, disini juga bisa menyewa perahu bila ingin keliling danau atupun cuma sekedar menikmati keindahan Pura Alun dari sekitar pura.

Menurut keterangan yang gw baca Pura Alun, Candi ini sebenarnya digunakan untuk upacara persembahan untuk Dewi Dewi Danu, Dewi air, danau dan sungai. Danau Beratan merupakan salah satu danau penting dalam hal irigasi. setelah keliling dan mengexplore tempat ini gw merasa sangat puas dan cukup bukti bahwa Pura Alun danau Beratan so amazing. you have to visit this place and write on your wish list when you travel to Bali.

Keluar dari area ini perut sudah merasa melilit jadi gw putuskan untuk mencari rumah makan yang menujual nasi dan ketemulah warung jawa diseberang parkiran dan gw pesen ayam goreng dan bakwan jagung juga. kenyang dan siap melanjutkan perjalanan ke Denpasar dengan udara yang lumayan dingin sebelum hari mulai gelap.

 

Wonderful Indonesia
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s