Desa Panglipuran Bangli Bali

Wonderful Indonesia

Desa Panglipuran atau biasa disebut desa wisata budaya yang berlokasi di desa Panglipuran Bangli Bali sebelah Timur Laut dari kota Denpasar Ibu kota Bali. yang menyimpan banyak keaslian akan budaya lokal.

Desa Panglipuran merupakan salah satu desa percontohan dan masih menyimpan keaslian dari budaya Bali yang tidak terpengaruh oleh budaya luar yang masuk ke lingkungan Bali.  keaslian masih sangat terjaga rapi oleh penduduk lokal.

Wonderful Indonesia

Untuk menuju ke tempat ini gw sudah pasti pakai petunjuk GPS yang selalu menyertai adventure gw selama di Pulau Dewata ini, mempercepat sampai  ke tujuan dan tidak kesasar yang pasti.  Berangkat dari kuta pagi hari dan memakan waktu sekitar 1.5 Jam dengan menggunkan motor melewati tol yang di atas laut dan lanjut ke bypass Bali. Untuk menuju ke Desa Panglipuran melewati perkampungan2 dan persawahan yang cukup sejuk suasananya.  Mengingat Bangli terletak di dataran tinggi jadi udara cukup dingin dan bebas polusi udaranya. setelah sampai di tujuan harus bayar tiket 10k sudah termasuk parkir kendaraan.

Desa Panglipuran sangat bersih dan budaya Bali cukup kental sekali,  bangunan yang masih asli dan mempresentasikan Balinesse serta disitu tinggal perduduk asli yang notabennya sudah generasi yang kesekian kalinya.  Sempat dikasih tahu bangunan yang sudah berdiri sampai generasi yang ketiga tapi masih kokok dan masih sangat traditional bangunannya sampai berlimut atap2nya.

Wonderful Indonesia

Begitupun orang orang yang tinggal dari depan sampai kebelakang masih ada hubungan saudara sedangkan samping tetangga sampai ke ujung jalan. Dan disitu juga banyak warga yang menjual berbagai macam souvenir dan makanan serta minuman jadi jangan takut kelapara or kehausan. begitupun kalau capek bisa singgah di rumah-rumah warga setempat maupun di gajebo yang sudah disediakan disana.

Ada hal yang cukup menarik pada saat memberikan pengumumam ke lingkungan  sekitar tidak menggunakan microphone tapi dengan berteriak di depan rumah warga  sambil berjalan untuk memberitahukan pengumumannya. Warga yang tinggal disitu cukup ramah ramah dan ada acara lingkungan seperti kerjabakti, sanggar tari, ataupun perkumpulan perkumpulan untuk membahas masalah lingkungan disitu.

Tidak terasa dari ujung sampai ujung sudah di explore dan tidak terasa panas sudah menyengat akhirnya gw lanjutkan perjalanan ke Tirta Empul atau Air suci yang tempatnya tidak begitu jauh dari situ.

Wonderful Indonesia
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s