1st Weeks Ramadan in Abu Dhabi UAE

Memasuki hari ke 5 (lima) minggu pertama di Bulan Suci Ramadan 2015 merupakan Ramadan utuk yang ketiga kalinya saya lalui di Abu Dhabi, Ibu Kota dari negara United State Emirates. salah satu negara di timur tengah yang mempunyai cuaca sangat exstrem kalau pada saat musim panas tiba. Begitupun bulan puasa sekarang ini suhu diluar pada saat siang hari bisa mencapai 43 derajat dan terasa matahari sangat dekat degan kepala.

Terlepas daru suhu di luar yang cukup exstrem di Bulan suci inipun suasa Ramadan sangat berbeda degan suasana yang ada di Negara tempat asal saya. Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim terbesar di Dunia dan animo masyarakat untuk menyambut Bulan Suci Ramadan sangat besar dengan banyaknya events yang bertema Ramadan seperti nagbuburist (jalan-jalan keluar sambil nunggu beduk maghrib), acara televisi degan programs Inslami, banyaknya bazaar-bazaar makanan menjelang beduk maghrib dan masih banyak lagi. Begitupun banyak undangan untuk buka puasa bersama di rumah makan, rumah temen ataupun restourats di Mall-mall yang notabennya harus booking dulu tempat sebab pasti sangat susah kalau datanng langsung dan kemungkinan sangat kecil untuk dapat tempat🙂. Buka puasa bersama adalah ajang silarurahim dengan temen-temen lama yang selama ini susah untuk ditemui jadi moment ini adalah moment yang terbaik dan tepat untuk bertemu temen – temen lama.

Sangat berbanding terbalik dengan suasana Ramadan yan ada disini. disini tidak ada acaranya ngabuburit ataupun buka bersama dengan temen – temen atapun relasi kerja. begitupun rumah makan atau restourants tidak ada yag uka pada siang hari, kebanyakan buka sekitar jam 4 pm sampai jam 4 am menjelang Imsak. dan juga tidak akan melihat orang makan ataupun merokok di tempat umum jadi mereka bener-bener respect denga yang menjalankan puasa.

Namun yang cukup menarik perhatian saya disini adalah dengan adanya tenda-tenda yang cukup banyak dan tersebar di berbagai tempat. Tenda – tenda itu adalah tenda yang menyediakan menu untuk buka puasa. Tenda itu disediakan untuk siapa saja yang ingin berbuka puasa denga menu yang sudah tersida. ada berbagai menu disana Nasi briyani, buah, korma dan minuman. tenda-tenda itu disediakan  oleh berbagai instansi yang ada di sisni seperti kantor-kantor pemerintahan ataupun juga dari berbagai perusahaan yang besar. dan itupun disediakan selama sebulan penuh untuk berbuka puasa. Begitu banyak orang yang ikut melakukan buka puasa bersama di tenda-tenda itu, mereka datang dari berbagai kewarganegaraan yang berbeda, mereka berkewarganegaraan Egypt, Morocco, India, Pakistan, Syria, Libann Palestine dan bahkan ada jg beberapa dari Indonesia dan negara-negara Islam lainnya🙂

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s