Postcards from Kingdom of Saudi Arabia

Kartu Pos ini menceritakan tentang Masjid Al-Haram, juga dikenal sebagai Masjid Agung adalah masjid terbesar di dunia. Mengelilingi tempat Islam paling suci Ka’bah, bangunan pertama yang dibangun Abraham. Masjid Al-Haram terletak di tengah Mekkah di Arab Saudi. Masjid Al-Haram adalah satu-satunya masjid di dunia yang memiliki arah kiblat di mana umat Islam harus berpaling kepada doa. Orang percaya harus berdoa ke arah rumah suci Ka’bah, yang berada di tengah halaman masjid. Ka’bah merupakan sebuah bangunan yang mendekati bentuk kubus yang terletak di tengah Masjidil Haram di Kota Mekkah. Bangunan ini adalah monumen suci bagi umat Islam. Dan bangunan ini yang menjadi patokan arah kiblat untuk ibadah salat, bagi umat Islam di seluruh dunia. Zamzam merupakan nama air yang diperoleh dari sebuah sumur mata air bawah tanah yang terletak dalam kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Ka’bah, dengan kedalaman sekitar 42 meter. Air zamzam ini merupakan sumber air bersih utama bagi kota Mekkah. Selain dikonsumsi untuk air minum, air ini juga digunakan sebagai air wudhu bagi jamaah yang akan melakukan ibadah salat di Masjidil Haram.

Ketika jamaah umrah atau haji sedang bertawaf di seputar Ka‘bah, selepas melintasi sudut Hajar Aswad dan melintasi Multazam, mereka tentu melintasi sebuah pintu keemasan yang “menggantung” di Ka‘bah. Itulah Pintu Ka‘bah. Untuk memasuki Rumah Allah, orang harus memasukinya lewat pintu yang dengan panjang 3.10 m, lebar 1.90 m, kedalaman 2.25 m itu. Sedangkan jaraknya dari permukaan tanah setinggi 2.25 m.

Kartu Pos ini menceritakan tenntang Makam Nabi Ibrahim AS di Mekkah, Bila kita melihat cungkup kristal warna keemasan di dekat Ka’bah di Masjidil Haram, di dalamnya terdapat Makan Ibrahim. Kata Makam memang memiliki beberapa arti, namun yang dimaksudkan di sini adalah makam yang berarti tempat pijakan orang berdiri. Adapun Makam Ibrahim adalah batu yang digunakan oleh Nabi Ibrahim berpijak waktu Beliau membangun Ka’bah. Makam Ibrahim ini merupakan benda ajaib yang dikaruniai Allah sebagai mukjizat kepada Nabi Ibrahim, dimana batu ini dapat naik ke atas atau turun sendiri sesuai kemauan Nabi Ibrahim ketika membangun tembok Ka’bah tersebut. Ibnu Abbas RA menuturkan, tidak ada sesuatu pun di bumi ini yang berasal dari Surga kecuali rukun (Hajar Aswad) dan Makam. Sesungguhnya keduanya adalah dua buah permata dari Surga.

Kartu Pos ini adalah bercerita tentang kesibukan di Jabal Rahman pada saat Musim haji. Jabal Rahman adalah salah satu gunung yang terdapat di Saudi. Di Jabal Rahmah inilah diriwayatkan sebagai tempat bertemunya Nabi Adam dan Hawa seteah berpisah selama 200 tahun. Di puncak jabal Rahmah ada sebuah tugu yang menandai tempat pertemuan itu, untuk mencapai tempat itu hanya berjarak 150 meter dari bawah.  Konon sih kalo kita ingin cepet dapat jodoh atau perkawinannya awet, berdoalah di puncak jabal Rahmah. Di tugu tempat bertemunya Nabi Adam dan Istrinya Hawa.

kartu Pos ini menceritakan tentang Makam Rasulullah terletak di sudut Timur Masjid Nabawi yang dahulu dinamakan Maqsurah. Di situ dahulu tinggal Aisyah dan rumah Ali dengan Fatimah. Sejak Rasulullah wafat pada tahun 11 H (632 M) rumah Nabi terbagi dua, yaitu bagian arah kiblat (selatan) untuk makam Nabi dan yang bagian utara untuk tempat tinggal Aisyah. Sejak tahun 678 H (1279 M) di atasnya dipasang Kubah Hijau (green dome) sampai sekarang. Jadi persis di bawah Green Dome inilah jasad Rasulullah dimakamkan. Kalau Jama’ah melihat Green Dome berarti melihat makam Nabi dan tentu juga makam kedua sahabatnya Abu Bakar (Khalifah I) dan Umar (Khalifah II) yang dimakamkan di bawah kubah itu berdampingan dengan makam Nabi. Maka lokasi di mana dahulu terdapat rumah Nabi kini dijuluki “Makam 3 Manusia Mulia”.

kartu Pos ini menceritakan tentang Makam Rasulullah terletak di sudut Timur Masjid Nabawi yang dahulu dinamakan Maqsurah. Di situ dahulu tinggal Aisyah dan rumah Ali dengan Fatimah.  Sejak Rasulullah wafat pada tahun 11 H (632 M) rumah Nabi terbagi dua, yaitu bagian arah kiblat (selatan) untuk makam Nabi dan yang bagian utara untuk tempat tinggal Aisyah. Sejak tahun 678 H (1279 M) di atasnya dipasang Kubah Hijau (green dome) sampai sekarang. Jadi persis di bawah Green Dome inilah jasad Rasulullah dimakamkan. Kalau Jama’ah melihat Green Dome berarti melihat makam Nabi dan tentu juga makam kedua sahabatnya Abu Bakar (Khalifah I) dan Umar (Khalifah II) yang dimakamkan di bawah kubah itu berdampingan dengan makam Nabi. Maka lokasi di mana dahulu terdapat rumah Nabi kini dijuluki “Makam 3 Manusia Mulia”.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s