Al Khor Doha Qatar

25 November 2009  adalah hari libur aku setelah seminggu beraktifitas dengan pekerjaan yang cukup banyak menguras tenaga dan pikiran. mengisi liburanku dengan jalan-jalan pergi ke Al Khor yang berada di ujung utara kota doha.
al khor dari bahasa arabnya adalah Al Khawr yang berarti petemuan laut dari tiga sisi … ….

Al Khor adalah kota tua yang wilayah tempatnya sangat kecil sekali dengan populasi penduduk yang sedikit tapi begitu banyak pendatang-pendatang yang  bermukim disini menjadikan kota ini ramai dan banyak pula fasilitas-fasilitas yang tersedia serta sarana yang cukup lengkap.
Lokasi Al Khor sendiri sangat jauh dengan Doha sekitar 50 Km dari Doha.

Perjalanan menuju kesana dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit dengan jalaur yang cukup panjang dan berliku-liku dengan pemandangan di tepi jalan  gundukan pasir dan hamparan tanah yang tidak bertuan layaknya hamparan gurun. Kering keronta tidak ada tanda-tanda kehidupan di samping kiri dan kanan pula sesekali kulihat hanyalah pembangunan-pembanguanan yang belum selesai. begitu banyak rpoyek yang ada, namun aku percaya 10 tahun kedepan kota ini akan berubah menjadi kota yang sangat mengagumkan.

Namun Jalan-jalan ke Al Khor tadi pagi merupakan perjalanan yang cukup menyenangkan, setelah sekian lama membaur dengan kota Doha yang sangat sibuk dengan pembangunan-pembangunan, di sini aku menemukan penyegaran. Begitu sampai d Alkhor ada rawa bakau yang sudah menyambutku dan burung2 yang berterbangan kesana kemari yang mengirinngi langkahku menelurusi pinggir pantai. 
Di situ juga aku melihat beberapa alat permainan buat anak-anak yang berkunjung sama keluarganya. Ada tempat duduk buat melepas lelah, ada pemandangan ikan yang sesekali melompat dari air dan barisan ikan-ikan kecilpun menyambut kita disitu. perahu yang sengaja dibuat untuk simbol alkhor sendiri sangat bagus dipajang disitu. tapi yang membuat aku aneh … kenapa tidak ada toilet disini. ada satu toilet tetapi d konci …..

Kebesaran Tuhan didepan mataku, begitu jauh mata ini memadang ke arah laut dan membayangkan diujung sana tempat kelahiranku yang sangat aku rindukan sampai saat ini, desa, kota, negara yang sangat bearti buat aku dan yang selalu memberiku kedamaian disana. entah sampai kapan aku akan berada disini dengan segala kekuatan tenagaku. namun mudah-mudahan Tuhan akan memberiku yang terbaik dari semua yang sudah aku lakukan disini. Amien..

Di alkhor tadi aku melihat ada rumah sakit Hamad, dan kebanyakan perumahan disini adalah perumahan karyawan dari qatar gas dan ras gas. Aku melihat banyak juga supermarket dan beberapa pusat pertokoan disana, serta pusat olah ragapun aku juga temukan.
Akhirnya tiba saatnya kembali ke Doha dengan menempuh waktu kurang dari 1 jam karena kita mengunakan jalur cepat …. akhirnya liburanku ke Al Khor membuatku bisa menyadari bagitu indahnya alam Indonesia yang kaya’ akan segala-galanya.

Leave a Reply

