Mata Rusak Bukan Karena Salah Posisi Membaca

Jangan membaca sambil tiduran! jangan membaca di tempat gelap! jangan membaca sambil tengkurap! dan banyak lagi “jangan” lainnya yang kerap kali kita terima dari orang tua saat hendak atau tengah membaca.

Seringkali para orangtua menasehati anak-anaknya untuk berhati-hati dan menjaga posisi kala membaca. Membaca ditempat terang dianggap lebih baik ketimbang membaca di tempat gelap. Membaca dalam posisi tidurab atau tengkurap, dianggap bisa menimbulkan kerusakan pada mata. Benarkah demikian,? jika ingin tahu lebih banyak tentang berbagai hal yang dapat membuat mata anda rusak, silahkan menyimak artikel berikut ini.

Sebenarnya, kerusakan mata tak selalu diakibatkan oleh  posisi membaca. Mata anda juga bisa rusak karena selama bekerja, apalagi dengan komputer, anda mengabaikan kenyamanan kedua mata anda.

Apakah mata anda tersa lelah dan pedih setelah bekerja seharian di depan komputer? atau mata anda terasa panas dan gatal kala semalaman berhanging outbersama rekan di kafe yang apadat asap rokok? nah, jika sudah demikian, itu berarti mata anda mengalami kelelahan yang mengkawatirkan. tahukah anda, kerja yang tidak ada habisnya dan gaya hidup modern, dapat menyebabkan stress pada tubuh dan mata kita.

Nah, agar mata anda tetap terjaga ketajaman, kesehatan, dan kecantikannya, cobalah untuk selalu menjaga kedua permata yang paling berharga itu. pelajari dan lakukan tips serta cara praktis berikut ini demi kesehatan mata anda:

  • Periksa mata setiap 12 bulan. jika masalah penglihatan tidak ditangani dengan cepat akan berkembang semakin parah.
  • Periksa apakah lensa kotak atau kacamata anda masih cocok untuk digunakan. jika tidak, dapat menyebabkan maslah penglihatan dengan sakit kepala.
  • Dimusim panas, pakailah kacamata sinar UV.
  • Ketika membeli kacamata, pastikan jenis dan model yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV.
  • Makanlah nutrisi yang baik untuk anda dan mata anda. Vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah, atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata.
  • Jika anda membaca dengan cahaya minim dapat menyebabkan kelelahan mata. sebaliknya, cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. kurangi tingkat terang (brightness) monitor. warnanya memang jadi tidak terlalu tajam, tapi mata anda akan jadi lebih nyaman.
  • Istirahatkan mata anda. hampir semua orang merasakan mata mereka jadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini disebabkan mata nerkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata jadi kering. satu hal yang bisa dilakukan adalah menutup mata anda dan menghitung 5 sebelum membukanya kembali. Hal lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh, sesering mungkin.
  • Cari lensa kontak dengan kualitas baik. Ada lensa kontak yang aman untuk mata anda, dan juga yang berisiko merusak mata.
  • Jika memakai lensa kontak, rawatlah dengan baik. Jangan abaikan kebersiahnya. Setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak anda, bilaslah. Anda juga harus mengganti cairannya, ketika anda menaruh ditempatnya waktu tidur di malam hari.
  • Pakailah lensa kontak sesuai jadwal yang disarankan. semakin lama anda memakai lensa kontak anda, semakin tinggi risiko mata anda terkena infeksi.

7 Responses to “Mata Rusak Bukan Karena Salah Posisi Membaca”

  1. link:Thanks, I’ll look into them.

  2. you most welcome Lyman Larsung .. :) :)

  3. link:I’m so glad that you made this post, It’s great and thanks a lot!

  4. Mata Rusak Bukan Karena Salah Posisi Membaca Affendy's Weblog I was suggested this web site by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my trouble. You’re incredible! Thanks! your article about Mata Rusak Bukan Karena Salah Posisi Membaca Affendy's WeblogBest Regards Craig

  5. Ini benar-benar sepotong keren dan bermanfaat informasi. Saya puas bahwa Anda berbagi informasi ini membantu dengan kami. Harap tetap kita informasi seperti ini. Terima kasih untuk berbagi.

  6. Selamat atas memiliki salah satu blog yang paling canggih Saya telah datang di dalam beberapa waktu! Its hanya luar biasa seberapa banyak Anda dapat mengambil dari sesuatu hanya karena bagaimana visual yang indah itu. Youve mengumpulkan grafis ruang blog yang hebat, video, tata letak. Ini jelas merupakan suatu blog harus-lihat!

  7. Sekarang mataku minus,
    sering diejek teman gara-gara pake kacamata..
    Jadi pingin curhat.
    Ada yang punya masalah sama kayak aku nggak ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: